Friday, May 29, 2009

Laser Me Beautiful


Pada beberapa jurnal sebelumnya, kami membahas salah satu pengaplikasian laser cutting pada dunia fashion, yakni pada sepatu. Ternyata pengaplikasian teknologi laser dalam dunia fashion tidak berhenti pada sepatu saja. Seperti yang dilakukan oleh wedding desainer asal Jakarta, Chenny Han.

Chenny mencoba mengaplikasikan teknologi laser ini pada gaun-gaun pengantin rancangannya. Ide awal menggunakan teknologi laser ini datang ketika ia kerap kali merasa terganggu dengan surai-surai sisa benang halus di ujung kain yang tidak diobras itu. Ia sempat mengakali hal tersebut dengan menggunakan solder. Namun karena dilakukan secara manual, maka hasilnya pun kurang maksimal. Waktunya pengerjaannya juga membutuhkan waktu yang cukup lama. Belum lagi pengerjaannya harus dilakukan dengan ekstra hati-hati agar kain tidak terbakar karena solder.

Setelah beberapa pencarian, akhirnya Chenny menemukan sebuah cara efektif dalam menanggulangi masalahnya tersebut, yaitu menggunakan teknologi laser cutting.

Melalui laser cutting, pekerjaan Chenny dalam membuat gaun pengantin sangat dimudahkan. Masa produksi gaun pengantin yang biasanya memakan waktu satu tahun, kini dapat dipersingkat masa produksinya hanya dalam tiga minggu. Selain itu laser cutting juga memperkecil kesalahan pengerjaan dalam hal presisi pemotongan.

Selain mengaplikasikan teknologi laser cutting pada gaun rancangannya, Chenny juga mengaplikasikan teknik laser engraving yang dapat menghasilkan berbagai ornamen unik yang tidak hanya indah namun juga sangat rapi.

Pada bulan Februari 2009 yang lalu, pemilik Chenny Han Fashion & Bridal yang terletak di kawasan Kebon Kacang, Jakarta ini memamerkan karya-karyanya yang diberi sentuhan teknologi laser dalam sebuah mini show yang bertajuk Laser Me Beautiful yang diadakan di ballroom hotel Mulia, Jakarta.

Disitu, Chenny memperlihatkan 12 gaun koleksinya yang mengunakan aneka kreasi laser cutting dan laser engraving yang dituangkan di atas bahan kain sutera dan sifon. Seperti salah satu gaun pengantin yang berbentuk A line dengan hiasan ribuan kupu-kupu yang motifnya dihasilkan melalui laser engraving. Selain itu, ada gaun pengantin dengan siluet lampion dan juga gaun pengantin tiga dimensi dengan motif yang menyerupai kumpulan bunga yang bergerak mengikuti gerakan sang mempelai wanita.

"Melalui mesin berteknologi microfiber-laser-cut, saya kini bebas berkreasi. Membentuk komposisi motif dan corak sesuai keinginan saya dengan hasil clean cut yang membuat gaun pengantin terasa berbeda. Konstruktif tanpa kehilangan sisi romantisnya," ujar Chenny

Teknik laser seperti ini sebenarnya sudah tidak asing lagi digunakan dalam bisnis garmen internasional, namun di Indonesia sepertinya baru Chenny yang melakukannya.

Sekarang, ada yang ingin mengikuti jejaknya?


Untuk info lebih lanjut mengenai rancangan Chenny Han, silahkan kunjungi websitenya.

all photos courtesy detikhot.com

No comments:

Post a Comment